Komputer dan Sistem Kognisi Manusia

by - 21.21

      Jika kita berbicara tentang manusia vs komputer tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dimana manusia adalah pencipta dari komputer itu sendiri juga,disisi lain komputer juga di buat bedasarkan keperluan atau untuk mengerjakan sesuatu yang sulit bila dilakukan oleh manusia.
      Sebelum kita terjun lebih dalam, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian masing- masing subjek :

“apa itu komputer?”


            Menurut Wahyudi (2012),“komputer adalah peralatan (device) yang menerima data (input) dan menyimpan(storage) kemudian diproses (process) untuk menghasilkan data dalam bentuk lain (output)”.
            Menurut Hartono (2013), menyimpulkan “komputer adalah sebuah mesin yang dapat dikendalikan melalui perintah yang dirancang secara otomatis melalukan serangkaian urutan penghitungan”.
            Menurut Sujatmiko (2012), “Komputer adalah mesin yang dapat mengolah data digital  dengan mengikuti serangkaian perintah atau program. Alat serbaguna ini memegang peran penting dalam teknologi komunikasi”.
            Dari beberapa definisi diatas penulis menyimpulkan bahwa komputer adalah mesin atau alat elektronik yang berfungsi untuk menerima data (input) kemudian diolah  untuk  selanjutnya  menghasilkan  keluaran  (output)  berupa  informasi  yang dibutuhkan.

1. Arsitektur Komputer



            Arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit- unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya.Arsitektur komputer cenderung pada kajian atribut-atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya:set instruksi,aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

a) Kelebihan & Kekurangannya :

Kelebihan :     

            Komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanggil kembali data yang diinginkan dengan cepat, walaupun data tersebut sudah lama, Komputer tidak pernah lupa, tidak menghapus data terdahulu, Komputer mempunyai kalkulasi yang akurat dalam perhitungan ,komputer pun selalu memilih dengan objektif tidak pernah subjektif karena computer tidak memiliki perasaan, komputer lebih konsisten dan efisien dalam mengerjakan suatu tugas yang diberikan kepada nya, computer tidak pernah menunda nunda maupun mengeluh lelah, komputer melakukan apapun yang diprintahkan kepadanya.
            komputer juga memiliki aktifitas perulangan yang baik dalam memproses data sesuai dengan program yang dimuat kepadanya, bisa melakukan pengolahan rutin berdasarkan set waktu/keadaan yang ditentukan oleh penginput, dapat melakukan pengambilan keputusan dengan deterministic, memiliki pengetahuan domain, memiliki pengolahan data yang tepat dan bebas dari kesalahan.Komputer pun tidak pernah melawan apapun yang diperbuat kepadanya.

Kekurangan :

Merancang  dan produksi  program untuk kepentingan proses pembelajaran dengan komputer mempunyai konsekuensi biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit, Komputer  tidak dapat    mengatasi permasalahan yang dihadapi secara individual, komputer masih membutuhkan manusia dalam menginput data.




2.Sistem Kognisi manusia 



a) Pengertian Kognitif

Istilah “Cognitive” berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian, mengerti.   Pengertian   yang luasnya cognition (kognisi) adalah perolehan, penataan,  dan  penggunaan  pengetahuan.
Menurut  Patmonodewo  (2003)  Kognitif  merupakan  tingkah laku  yang  mengakibatkan  orang  memperoleh  pengetahuan  atau  yang dibutuhkan untuk menggunakan pengetahuan.
Menurut Gagne (dalam Jamaris, 2006) Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berfikir. 
Pengertian  kognitif  menurut Chaplin  (dalam  Mohammad  Asrori,2007) diartikan sebagai:  (1.)Proses   kognitif, proses   berpikir, daya menghubungkan,   kemampuan menilai, dan kemampuan mempertimbangkan; (2.)Kemampuan mental atau inteligensi.
Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berfikir.

3.Kaitan Arsitektur Komputer & Sistem Kognisi manusia



            Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa, teknologi hampir dapat membuat semua kegiatan manusia menjadi praktis, namun Manusia dapat berfikir tanpa instruksi dari pihak luar sedangkan komputer bisa berfikir jika manusia memberikan perintah atau input. komputer tidak akan bisa sama dengan manusia karena komputer tidak bisa menarik atau memunculkan kembali apa yg diingatnya tanpa perintah pihak luar. Komputer tidak punya kehendak. Komputer tidak punya hak pilih.
            Sepintar apapun komputer tidak akan pernah bisa mengalahkan kepintaran manusia, karena manusia lah yang menciptakan komputer dan manusia lah yang menjalankan komputer, manusia bisa hidup tanpa komputer sedangkan komputer tidak akan bisa tercipta jika manusia tidak ada. Dan manusia juga tidak bisa mengalahkan komputer dalam menghitung dan memproses data, karena komputer telah di program dengan kecepatan jauh diatas kecepatan menghitung otak manusia.
















DAFTAR PUSTAKA :

Asrori,Mohammad.( 2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana prima.

Hartono, Bambang. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta:  Rineka Cipta.


Jamaris Martini, Dr.M.Sc, Ed.(2006).Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.


Munazilin, Akhlis.(2017). Arsitektur komputer. Yogyakarta : Deepublish.

Patmonodewo,soemiarti.(2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT   Rineki Cipta.


Rahman Rizky, Setiawan Wawan, dan Fitrajaya Eka. (2008). Optimalisasi Macromedia Flash untuk Mendukung Pembelajran Berbasis Komputer pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi . Vol 1. No 2. 


Sujatmiko, Eko.(2012).Kamus Teknologi informasi dan komunikasi. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.


Wahyudi,  Pebri  Dian.  (2012). Dasar-dasar Teknik  Komputer  dan  Informatika.  Jakarta: Inti Prima Promosindo

You May Also Like

0 comments

Brown Bobblehead Bunny