Komputer dan Sistem Kognisi Manusia
Jika kita berbicara
tentang manusia vs komputer tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan
kekurangan sendiri dimana manusia adalah pencipta dari komputer itu sendiri
juga,disisi lain komputer juga di buat bedasarkan keperluan atau untuk
mengerjakan sesuatu yang sulit bila dilakukan oleh manusia.
Sebelum kita terjun
lebih dalam, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian masing-
masing subjek :
“apa itu komputer?”
Menurut Wahyudi (2012),“komputer
adalah peralatan (device) yang menerima data (input) dan menyimpan(storage)
kemudian diproses (process) untuk menghasilkan data dalam bentuk lain (output)”.
Menurut Hartono (2013), menyimpulkan “komputer adalah sebuah
mesin yang dapat dikendalikan melalui perintah yang dirancang secara otomatis
melalukan serangkaian urutan penghitungan”.
Menurut Sujatmiko (2012), “Komputer adalah mesin yang
dapat mengolah data digital dengan mengikuti
serangkaian perintah atau program. Alat serbaguna ini memegang peran penting
dalam teknologi komunikasi”.
Dari beberapa definisi diatas penulis menyimpulkan bahwa
komputer adalah mesin atau alat elektronik yang berfungsi untuk menerima data
(input) kemudian diolah untuk selanjutnya
menghasilkan keluaran (output)
berupa informasi yang dibutuhkan.1. Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit- unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya.Arsitektur komputer cenderung
pada kajian atribut-atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya:set instruksi,aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
a) Kelebihan & Kekurangannya :
Kelebihan :
Komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanggil
kembali data yang diinginkan dengan cepat, walaupun data tersebut sudah lama, Komputer
tidak pernah lupa, tidak menghapus data terdahulu, Komputer mempunyai kalkulasi
yang akurat dalam perhitungan ,komputer pun selalu memilih dengan objektif
tidak pernah subjektif karena computer tidak memiliki perasaan, komputer lebih
konsisten dan efisien dalam mengerjakan suatu tugas yang diberikan kepada nya,
computer tidak pernah menunda nunda maupun mengeluh lelah, komputer melakukan
apapun yang diprintahkan kepadanya.
komputer juga memiliki aktifitas perulangan yang baik
dalam memproses data sesuai dengan program yang dimuat kepadanya, bisa
melakukan pengolahan rutin berdasarkan set waktu/keadaan yang ditentukan oleh
penginput, dapat melakukan pengambilan keputusan dengan deterministic, memiliki
pengetahuan domain, memiliki pengolahan data yang tepat dan bebas dari
kesalahan.Komputer pun tidak pernah melawan apapun yang diperbuat kepadanya.
Kekurangan :
Merancang dan produksi
program untuk kepentingan proses pembelajaran dengan komputer mempunyai
konsekuensi biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit, Komputer tidak dapat
mengatasi permasalahan yang dihadapi secara individual, komputer masih
membutuhkan manusia dalam menginput data.
2.Sistem Kognisi manusia
a) Pengertian Kognitif
Istilah
“Cognitive” berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian,
mengerti. Pengertian yang luasnya cognition (kognisi) adalah
perolehan, penataan, dan penggunaan
pengetahuan.
Menurut Patmonodewo
(2003) Kognitif merupakan
tingkah laku yang mengakibatkan
orang memperoleh pengetahuan
atau yang dibutuhkan untuk
menggunakan pengetahuan.
Menurut
Gagne (dalam Jamaris, 2006) Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal
di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berfikir.
Pengertian kognitif
menurut Chaplin (dalam Mohammad
Asrori,2007) diartikan sebagai: (1.)Proses kognitif, proses berpikir, daya menghubungkan, kemampuan menilai, dan kemampuan
mempertimbangkan; (2.)Kemampuan mental atau inteligensi.
Berdasarkan
beberapa pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kognitif adalah proses
yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia
sedang berfikir.
3.Kaitan Arsitektur Komputer & Sistem Kognisi manusia
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa, teknologi
hampir dapat membuat semua kegiatan manusia menjadi praktis, namun Manusia
dapat berfikir tanpa instruksi dari pihak luar sedangkan komputer bisa berfikir
jika manusia memberikan perintah atau input. komputer tidak akan bisa sama
dengan manusia karena komputer tidak bisa menarik atau memunculkan kembali apa
yg diingatnya tanpa perintah pihak luar. Komputer tidak punya kehendak.
Komputer tidak punya hak pilih.
Sepintar apapun komputer tidak akan pernah bisa
mengalahkan kepintaran manusia, karena manusia lah yang menciptakan komputer
dan manusia lah yang menjalankan komputer, manusia bisa hidup tanpa komputer
sedangkan komputer tidak akan bisa tercipta jika manusia tidak ada. Dan manusia
juga tidak bisa mengalahkan komputer dalam menghitung dan memproses data,
karena komputer telah di program dengan kecepatan jauh diatas kecepatan
menghitung otak manusia.DAFTAR PUSTAKA :
Asrori,Mohammad.( 2007). Psikologi Pembelajaran.
Bandung : CV Wacana prima.
Hartono, Bambang. (2013).
Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
Jamaris Martini,
Dr.M.Sc, Ed.(2006).Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta:
PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.
Munazilin, Akhlis.(2017). Arsitektur komputer. Yogyakarta
: Deepublish.
Patmonodewo,soemiarti.(2003).
Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT
Rineki Cipta.
Rahman Rizky, Setiawan
Wawan, dan Fitrajaya Eka. (2008). Optimalisasi Macromedia Flash untuk Mendukung
Pembelajran Berbasis Komputer pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi . Vol 1. No 2.
Sujatmiko, Eko.(2012).Kamus Teknologi informasi dan komunikasi. Surakarta:
Aksarra Sinergi Media.
Wahyudi, Pebri
Dian. (2012). Dasar-dasar Teknik Komputer
dan Informatika. Jakarta: Inti Prima Promosindo
0 comments