Layanan Aplikasi di Internet
NAMA: Sarah Dewi Uli Pasaribu(17515854)
Kelas: 2PA11
Kelas: 2PA11
Layanan Aplikasi di Internet
A.World Wide Web (www)
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim
Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara
untuk menyusun arsip-arsip risetnya.Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem
untuk keperluan pribadi.Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi
nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan
yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang
dibutuhkan.Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang
dikenal sebagai WWW.
WWW
dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN),
Jenewa, Swiss.Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek
pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web'
sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN.Pada musim panas tahun 1991, WWW
secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Contoh :
B.Electronic Mail (Email)
Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an.
Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe'
yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah
bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di
berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak
memakai jasa pos lagi.
contoh:
sarahpasa@yahoo.co.id
Keterangan:
sarahpasa:
subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer
dalam lingkungan pemilik domain
yahoo:
nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan
(Vibriel)
net:
second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking
(net)
id: top
level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain
Indonesia (id)
C. Search Engine
Search engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh
lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita
ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search
Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google.
Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Di bawah ini
beberapa macam searh engine yang sering digunakan oleh pemakai.
Contoh : Google (google.com),Bing (bing.com),Yahoo
(yahoo.com),MSN (msn.com) Live (live.com), Altavista (altavista.com),AOL
(aol.com),Baidu (baidu.com),Looksmart (looksmart.com),Solusee (solusee.com)
D.Chatting
“Chatting”
Mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan internet, tetapi secara
spesifik mengacu kepada percakapan berbasis internet antara dua orang pengguna
Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti
pengirim pesan instan, internet relay chat, dan lain-lain.
1.)WhatsApp
Kelebihan :
- Kontak telepon otomatis tersinkron
- Ada fasilitas last seen, sehingga kita bisa melihat kapan terakhir lawan bicara membuka Whastapp mereka.
- Mudah digunakan
Kekurangan:
- Belum mendukung video call
- Foto yang otomatis tersimpan
2.) LINE
Kelebihan:
- Dapat menggunakan berbagai stiker yang membuat obrolan jadi lebih seru.
- Ada timeline yang membuat kita bisa melihat update status terakhir dari teman kita sendiri. Selain itu kita juga bisa mengomentari atau memberi emoticon.
- Line menyediakan fasilitas Line call dan juga Video call.
Kekurangan:
- Beberapa akun official seperti: Line Event, Line Official, atau Line Game terkadang terlalu sering mengirim pesan sehingga tak jarang menganggu pengguna.
- Cukup berat aplikasinya sehingga terkadang bikin ponsel jadi berat.
3.)BBM
Kelebihan:
- Fitur PING!
- saat seseorang mengirim pesan via BBM ada tanda delivered (D) yang menandakan bahwa pesan tersebut sudah terkirim. Selain itu ada pula tanda read (R) yang berarti pesan tersebut sudah dibaca. Dengan penanda seperti ini memudahkan pengirim pesan untuk melihat apakah pesan yang dikirim sampai kepada penerima atau tidak.
Kekurangan:
- Tidak dapat menambahkan daftar teman secara otomatis, harus menggunakan PIN
E.Netiquette
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet
sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan
orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan
cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1. Amankan
dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai
dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal
firewall
2. Jangan
terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah
data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda
tuju telah dijamin keamanannya.
3. dan
yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana
yaitu,:
a.) jangan biasakan menggunakan informasi
secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.)
jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet,
misalkan melakukan kejahatan pencurian nomor kartu kredit
c.) jangan
berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d.) jangan
menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas
sesungguhnya.
e.) jangan
flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan)ataupun junking (memasang post yang tidak
berguna) saat berforum.
· Pertama: Ingatlah bahwa kita berinteraksi dengan manusia. Jangan lupa bahwa orang yang membaca email atau posting kita benar-benar manusia yang memiliki perasaan. Sehingga:
- Jangan berteriak, gunakan huruf kapital dengan bijaksana. Tidak baik melukai perasaan orang lain,
- Jangan menggunakan kata-kata yang bersifat sarkasme,
- Jangan pernah mengirimkan email atau posting tentang hal-hal yang tidak akan pernah Anda ucapkan secara langsung kepada si pembaca.
· Kedua: Standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya. Konsekuensinya:
- Jaga keetisan,
- Melawan hukum adalah netiket yang buruk.
· Ketiga: Ketahuilah di mana Anda berada di dunia maya. Maka:
- Netiket bervariasi dari satu domain ke domain lainnya,
- Tunggulah sambil mengamati (dengan membaca posting-posting sebelumnya) domain yang akan Anda masuki sebelum Anda berinteraksi di dalamnya.
· Keempat: Hargailah waktu dan bandwidth orang lain. Konsekuensinya:
- Tidak mengapa jika Anda menganggap apa yang sedang Anda kerjakan saat ini merupakan hal yang terpenting di jagad raya. Namun, jangan berharap bahwa orang lain akan berpikiran sama,
- Kirim pesan (posting) pada grup diskusi yang sesuai. Tetaplah pada topik diskusi, jika pesan Anda tidak sesuai dengan topik yang ada, jangan kirimkan pesan tersebut,
- Usahakan untuk tidak menanyakan hal bodoh pada grup,
- Baca dahulu FAQ (Frequently Asked Questions) sebelum mulai bertanya.
- Gunakan email japri (jalur pribadi) untuk hal yang bersifat personal daripada mengirimkannya kepada grup,
- Jangan membuang waktu pembaca yang sudah mahir dengan mengirimkan informasi yang mendasar.
· Kelima: Jangan membuat bingung pembaca. Caranya:
- Buat email seperti kartu pos. Jaga supaya pesan Anda singkat saja.
- Jangan terlalu berlebihan dalam mengutip. Dalam membalas pesan kutiplah hanya hal yang penting untuk dibalas.
- Tulis dan ejalah dengan benar. Tulis seperti Anda menulis sebuah surat.
- Jaga supaya signature paling banyak empat baris saja,
- Cek ulang di Web jika Anda mendapat email tentang virus. Jika Anda tidak pasti tentang hal tersebut, jangan meneruskan email tadi ke orang lain.
- Jangan mengirim spam.
0 comments